Berbisnis itu mudah dan sangat menyenangkan!

Memulai untuk Berbisnis itu yang Sulit!

Apa saja yang biasanya menjadi penghambat bagi setiap orang untuk mulai berbisnis?

1. Bisnis adalah keahlian keturunan
Banyak orang beranggapan bahwa menjadi pebisnis itu biasanya karena ada faktor keturunan. karena mereka melihat banyak pebisnis yang sukses merupakan anak atau saudara dari seorang pebisnis juga. padahal sebenarnya semua orang bisa menjadi seorang pebisnis sukses. para pengusaha tersebut bisa sukses, karena mereka sudah terbiasa belajar bisnis sejak masih kecil, bukan karena garis keturunan yang dimilikinya. walaupun anda bukan dari keluarga pebisnis, anda juga bisa menjadi seorang pebisnis sukses. yang penting anda mau belajar dan memiliki tekad serta motivasi bisnis yang sangat kuat.

2. Bisnis membutuhkan modal besar
Modal dalam berbisnis memang penting, tapi yang perlu diingat adalah tidak semua bisnis membutuhkan modal besar. banyak usaha yang dapat dimulai dengan modal kecil, seperti bisnis online misalnya, bisnis tersebut bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, bahkan bisa dibilang tanpa modal. selain itu modal uang juga bukan jaminan utama seorang pebisnis bisa sukses.

3. Bisnis bisa sukses, karena dapat peluang bisnis yang bagus
Keinginan seseorang untuk berbisnis sering terhambat, karena mereka selalu berpikiran bahwa sebuah bisnis bisa sukses karena adanya peluang bisnis yang bagus. sehingga mereka hanya terus menunggu dan terus mempertimbangkan memilih-milih sampai peluang bagus itu datang menghampiri mereka. padahal peluang usaha itu harus dicari, bukan hanya ditunggu dan peluang bagus itu sebenarnya berasal dari diri anda sendiri. peluang usaha bisa anda ciptakan sendiri misalnya dari hoby, bahkan tak jarang yang dimulai dari iseng-iseng/coba-coba dan akhirnya tercipta sebuah bisnis hebat, jadi jangan takut untuk mencoba hal yang baru! 

4. Bisnis merupakan bakat dan tidak bisa dipelajari
Setiap manusia diciptakan oleh Tuhan dibekali dengan talenta yang sama, bakat yang sama, jadi tinggal anda sendiri yang harus berusaha untuk menggali bakat yang sudah diberikan oleh Sang Maha Pencipta kepada anda. keahlian atau bakat dalam menjalankan bisnis bisa anda peroleh dengan berbagai cara, misalnya saja mengikuti  pelatihan bisnis, seminar bisnis, atau membaca buku-buku dan majalah bisnis yang sekarang banyak beredar dipasaran. asalkan ada tekad yang kuat, keahlian dan pedoman menjalankan bisnis dapat anda kuasai dari proses belajar, bukan karena bakat dari dalam diri anda. yang pasti untuk menjadi BISA ! anda harus BELAJAR !

5. Bisnis memiliki resiko yang tinggi
Resiko yang cukup tinggi juga menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan orang. banyak orang beralasan takut memulai bisnis karena resikonya cukup tinggi, ketahuilah bahwa segala sesuatu itu pasti ada resikonya. coba anda sendiri yang menganalisanya bisnis/usaha apa kira-kira yang tidak ada resikonya???, jadi hilangkan segala ketakutan yang ada dalam diri anda, dan cobalah untuk membuat peluang baru dari setiap resiko yang mungkin akan terjadi. sehingga langkah anda untuk sukses tidak terhenti begitu saja.

Enam sifat Pebisnis
1.  Percaya diri
Yakin, Optimis, Kemandirian dan Kepemimpinan
2.  Originalitas
Kreatif, Inovatif dan Inisiatif atau Proaktif.
3.  Berorientasi manusia
Suka bergaul, Comunity knowledge, Berkomitmen dan Responsif
4.  Berorientasi hasil kerja
Ingin berprestasi, Tekun, Teguh, Kualitas Berorientasi keuntungan dan Penuh semangat
5.  Berorientasi masa depan
Pandangan ke depan dan Pandai menebak Peluang atau Potensi dan Mampu melihat Pasar
6.  Berani mengambil resiko
Suka tantangan dan Perhitungan situasi

* Kesimpulan dari pembahasan diatas bahwa sumber hambatan untuk sukses muncul karena adanya ketakutan Anda. Oleh karena itu, Lawan rasa takut anda, Yakin, bahwa anda Bisa ! dan mulailah menjadi seorang Pebisnis, untuk membuktikan bahwa semua sumber hambatan itu bisa anda atasi.

Semoga bermanfaat dan Salam Sukses !

0 komentar:

Posting Komentar