Banyak orang yang sukses dalam dunia investasi online, namun banyak juga yang bangkrut saat melakukan bisnis investasi online. untuk itu kita coba mencari tahu dan mengumpulkan pengalaman-pengalaman dari orang sukses dalam bidang ini. Perlu saya ingatkan dengan tegas di sini, bahwa setiap bisnis investasi adalah bisnis yang punya Resiko Tinggi! ya sekali lagi saya tegaskan Resiko Tinngi!. jadi kita tidak boleh melihat hanya dari sisi profit yg menarik saja, tapi tentunya kita Wajib mengenali resiko dari setiap investasi yg mau kita lakukan.

JIKA ANDA TERGOLONG ORANG YANG TIDAK BERANI MENGAMBIL RESIKO DAN TAKUT GAGAL, MAKA BIDANG INVESTASI ONLINE SEPERTI INI BUKANLAH PELUANG YANG COCOK UNTUK ANDA
Pahami dulu Prinsip Investasi-nya agar kita dapat melakukan manajemen resiko dengan baik

BEBERAPA PRINSIP INVESTASI YANG PERLU KITA KETAHUI SEBAGAI BERIKUT

Harus sadari 100% bahwa ini adalah bisnis yg beresiko tinggi, sehingga anda perlu melakukan manajemen resiko dan strategi sebelum melakukan investasi. kenapa demikian...? karena tidak ada jaminan berapa lama sebuah bisnis investasi dapat bertahan. kalau suatu hari perusahaan bubar, maka anda harus siap dengan resiko kehilangan dana investasi anda.

Sejarah membuktikan bahwa belum ada bisnis investasi online yg bertahan lama saat ini. dari yg pernah ada, maximal bertahan 2,5 tahun, bahkan ada yang 1 bulan pun sudah bubar. untuk itu telitilah sebelum bergabung, dan tentunya kita semua berharap suatu hari nanti akan ada bisnis investasi online yg bisa bertahan lama.

Jangan bernafsu dalam melakukan investasi, walaupun perusahaan yg kita ikuti rutin melakukan pembayaran. karena kita tidak bisa menebak apa yg akan terjadi esok harinya, kesalahan besar yg sering dilakukan oleh banyak orang adalah karena nafsu ini, karena terlalu idealis dengan perusahaan investasi online yg diikutinya, maka banyak orang berspekulasi  memasukkan seluruh keuangan yg mereka punya, bahkan ada yang berhutang, menggadaikan rumahnya, dengan harapan bisa memperoleh keuntungan besar, namun yg sering terjadi malah sebaliknya.

Bagilah investasi anda di beberapa tempat yg menurut anda masih layak untuk berinvestasi, jangan hanya menumpuk pada satu perusahaan. jika salah satu perusahaan bubar, maka anda masih bisa menutupi kerugian anda dari keuntungan investasi di tempat lain. karena saat ini sangat banyak sekali penawaran investasi dan sebagian besar di antaranya hanya bertujuan untuk menipu. "Jangan menaruh semua telur kita dalam satu keranjang"

Pilihlah perusahaan yang memang melakukan trading, jika dia perusahaan trading. karena kita tahu bahwa perusahaan ini memang melakukan transaksi perdagangan (trading) untuk memutarkan investasi para member. tapi kita tetap harus menyadari tidak selalu setiap trading itu menang. jadi tidak boleh idealis dalam berinvestasi.

Jika anda pernah gagal, lalu kapok dan berhenti!, maka anda tidak akan pernah mendapatkan apa pun dalam dunia investasi selain kegagalan. namun jika kegagalan itu dievaluasi untuk pelajaran, lalu anda memperbaiki diri untuk investasi selanjutnya, maka anda akan mendapat ilmu yang berharga. Ingat..! Pengalaman adalah guru yang terbaik. lakukan manajemen resiko anda dan tulis prinsip investasi anda sebelum memulai terjun di bidang investasi.

Bisnis investasi online adalah bisnis Momentum.
Anda harus tahu kapan saat yang tepat untuk masuk, dan kapan saat yang tepat untuk keluar.
Belajarlah untuk cepat mengambil keputusan, karena anda bermain dengan waktu.

Kalau saya join jaminanya apa..? Lagi-lagi pertanyaan soal jaminan yang paling sering terdengar diberbagai bisnis investasi baik online ataupun offline. ini pertanyaan khas Pemula di bisnis investasi. khawatir kehilangan uang, khawatir rugi. tapi gak mau belajar bagaimana caranya manajemen resiko. di dunia ini tdk ada satu hal pun yg bisa dijamin secara mutlak, kecuali kematian. bahkan asuransi jiwa pun yang menerima uangnya bukan anda. khusus untuk bisnis investasi online, yang paling penting itu bukan apa jaminanya, tapi transparasi programnya.

Kalau anda khawatir kehilangan uang, sebaiknya anda berpikir lagi! Karena yang lebih perlu anda kuatirkan adalah kehilangan kepercayaan dari orang lain, kehilangan rasa malu, kehilangan keyakinan terhadap agama, atau bahkan kehilangan nyawa, bukan kehilangan uang. dalam berbagai ukuran kapasitas baik secara kualitas maupun kuantitas, resiko tidak pernah lepas dari kehidupan anda dan bukan hanya di bisnis investasi online. saat anda melamar atau dilamar seseorang untuk menjadi istri atau suami anda, apakah anda meminta jaminan dan yakin sudah terjamin selama perjalanan pernikahan anda istri/suami anda tidak akan meninggalkan anda?, atau saat anak anda lahir, apakah anak anda meminta jaminan kepada anda bahwa dia bisa menjadi orang yang sukses dimasa yang akan datang bila mengikuti asuhan dan bimbingan anda..? apakah anda bisa menjamin dan memastikan nya..? ingat, sebaik apapun kita berupaya resiko kegagalan tetap akan ada.

Coba anda renungkan kata-kata bijak dari Winston churchil ini:
  • Seseorang yang tidak berani mengambil resiko hanya akan berakhir pada satu hal yaitu "Penyesalan"
  • Sedangkan orang yang berani mengambil resiko akan memperoleh kepastian yaitu apakah upayanya "Berhasil atau Gagal"
SELAMAT MENGGUNAKAN RASIONAL ANDA.

Perhatikan dialog ini!
  • Mas, mau tanya nih .. Bisnis Online yang itu aman gak sih...?
  • Maksudnya apa ya…?
  • Gini mas...saya mau gabung disalah satu Bisnis Online, terus apa ada izin atau apa gitu yg melegalitaskan Bisnis Online tersebut, syukur-syukur ada kantornya…trus siapa yang menjamin uang kita kalau kita investasi di sana...?
  • Oooo .. itu toh, sebelum saya jawab, gantian saya mau tanya dulu….
  • Boleh, apa mas..?
  • Bank Century ada kantornya, ada izin-nya dan lengkap lagi, terus gimana nasib para nasabahnya sekarang..?uangnya kembali gak ke mereka..?
  • Hmmnn .. wah saya gak bisa jawab mas..
  • Makanya , segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang kekal…semua bisa terjadi.
  • Semuanya hanya Tuhan lah yang menentukannya.
  • Jadi, kalau ada kesempatan baik mengapa harus kita tolak..?
  • Tidak ada bisnis apapun di dunia ini baik Online maupun Offline yg tidak ada resikonya.
Jadilah Investor Sejati
  • Senang ketika mendapatkan hasil dan tenang ketika mengalami kerugian.
  • Selalu berusaha untuk Mandiri
  • Siap untuk segala resiko terburuk yang bakal dialami.
  • Tidak menyalahkan orang lain, atau orang yang mengenalkan suatu Bisnis Online ketika anda mengalami kegagalan.
  • Selalu berbagi informasi yang baik dengan seksama Investor
  • Tidak menghitung keuntungan yang didapatkan orang lain
  • Tidak sombong ketika berhasil
  • Pandai bersyukur dan juga menerima kadar ketentuan peraturan
  • Selalu berpikir positif dan berprasangka baik sebelum semua jelas
  • Sabar dalam menjalankan proses ketika mengalami kelambatan
"Intropeksi lebih baik daripada Mengkoreksi"

Ada 3 Nice Stories
  1. Suatu waktu, semua penduduk desa berdo'a memohon hujan. Pada hari semua orang berkumpul untuk berdo'a ada satu anak yang membawa payung, " Itulah Iman "
  2. Teladan dari seorang bayi berusia 1 tahun, Ketika anda melontarkan dia ke udara, dia tertawa karena dia tau anda akan menangkapnya. " Itulah Percaya "
  3. Setiap malam kita tidur, kita tidak tahu apakah kita masih akan hidup esok hari, tapi kita masih saja mempunyai rencana untuk besok, " Itulah Harapan "
  4. Jadi dalam hidup ini, kita perlu memiliki "Iman, Kepercayaan dan Harapan"
Bisakah mengisi air ke sebuah gelas yg sudah penuh..? tidak mungkin bisa, kalaupun bisa, tentunya akan meluap keluar. Supaya bisa mengisinya, kita harus mengosongkan atau menumpahkan sebagian isinya. "Apakah makna ilustrasi ini..?"
  • Jika ingin maju, kita harus mengosongkan atau menghilangkan Egoisme kita, mau belajar dan diajari. kita akan sulit menerima pembelajaran jika Egoisme masih ada. mungkin di bidang ini kita adalah pakarnya, tetapi di bidang lain, kita tidak ada apa-apanya.
  • Rajin dan sering-seringlah memberi dengan tulus ikhlas. ketika memberi, seseorang sedang mengosongkan atau menumpahkan sebagian rezekinya, bagaimana mungkin bisa menambah rezeki jika tidak pernah membagikan rezeki? Ingat akan Hukum tanam dan petik!
  • Ketika kehilangan, itu tandanya kita sedang mengosongkan gelas rezeki karena lupa berbagi. jangan sedih dan yakini bahwa gelas itu akan terisikan kembali dan bahkan jauh lebih baik
Semoga bermanfaat dan Salam Sukses !

Penulis: Akhmad Muflihin

0 komentar:

Posting Komentar